Indeks Kepuasan
- LATAR BELAKANG
Pelayanan Publik oleh Aparatur Pemerintah khususnya Rumah Sakit Umum Daerah Ade Muhammad Djoen Sintang, masih banyak dijumpaikekurangan dan kelemahan sehingga masih adanya bebagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa, sehingga dapat menimbulkan citra negatif atauvkurang baik terhadap RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang. Mengingat fungsi Rumah Sakit adalah memberi pelayanan secara konfrehensif berupa pelayanan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif
Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah mengadakan survey kepuasan masyarakat kepada pengguna pelayanan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang RI Nomor 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik.
Berdasarkan permasalahan yang ada, Sub Bagian Hukum, Publikasi dan Informasi RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang, menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan, mengingat jenis pelayanan sangat beragam dengan sifat dan karakteristik yang berbeda, maka dari itu penyusunan kuesioner Indeks Kepuasan Masyarakat dibuat sebanyak 24 ( duapuluh empat ) Unsur Pelayanan yang terbagi atas :
- Pelayanan Dokter
- Pelayanan Perawat
- Jam Visite Dokter
PENDAFTARAN :
- Pelayanan Petugas Pendaftaran
- Waktu Penyediaan Dokumen Medik
KASIR :
- Pelayanan Petugas
- Tidak Adanya Permintaan Pembayaran Dimuka
- INFORMASI
APOTIK / FARMASI :
- Pelayanan Farmasi
- Waktu Tunggu Pelayanan Obat Jadi
- Waktu Tunggu Pelayanan Obat Racikan
LABORATORIUM :
- Pelayanan Laboratorium
- Waktu Tunggu Hasil Laboratorium
- Tidak Adanya Kesalahan Pemberian Hasil Laboratorium
RONTGEN / RADIOLOGI :
- Pelayanan Rontgen
- Waktu Tunggu Hasil Pelayanan Rontgen
- FISIOTHERAPI
GIZI :
- Makanan Yang Disajikan Menarik
- Ketepatan Waktu Pemberian Makanan
- KEAMANAN
- Kebersihan Dan Kerapihan Ruangan
- Kebersihan WC / Toilet
- Ketersediaan Air
- Parkiran
- TUJUAN
- Untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan menetapkan kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik
- Sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan unit yang bersangkutan
- Untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna pelayanan.
- RUANG LINGKUP
Ruang Lingkup Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2014, meliputi:
- Persyaratan, adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif;
- Prosedur, adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan;
- Waktu Pelayanan, adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan;
- Biaya/Tarif, adalah ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat;
- Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, adalah hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan;
- Kompetensi Pelaksana, adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman;
- Perilaku Pelaksana, adalah sikap petugas dalam memberikan pelayanan;
- Maklumat Pelayanan, adalah merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan;
- Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan, adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.
- METODE / CARA PENGUKURAN
- Metode pengukuran : survei kepuasan masyarakat dilakukan dengan teknik pemberian kuisioner, baik dengan pengisian sendiri maupun kuisioner dengan wawancara tatap muka.
- Alat Ukur : kuesioner tentang unsur-unsur pelayanan dengan bentuk jawaban yang mencerminkan tingkat kualitas dari setiap unsur pelayanan. Angka 1 mewakili : tidak baik Angka 2 mewakili : kurang baik Angka 3 mewakili : baik Angka 4 mewakili : sangat baik
- Responden : Responden dipilih secara acak dari pengguna/pengunjung Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, dimana jumlahnya ditetapkan sebanyak 150 responden.
- Lokasi survei : Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Provinsi Kalimantan Selatan dengan pembagian wilayah menurut kebutuhan yaitu Rawat Jalan dan Rawat Inap.
- Waktu pengukuran : dilakukan selama 9 bulan mulai bulan April sampai dengan Desember 2017.
- Metode pengolahan data
- Kuesioner yang telah diisi dilakukan pembersihan data dan diberi koding
- Data entry ke software Microsoft Excel 2010 berdasarkan koding yang telah dibuat.
- Nilai IKM dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masingmasing unsur pelayanan. Dalam penghitungan indeks kepuasan masyarakat terhadap 9 unsur pelayanan yang dikaji, setiap unsur pelayanan memiliki penimbang yang sama dengan rumus sebagai berikut:
Bobot Nilai Rata-rata Jumlah Bobot = 1 = 0,04 Tertimbang Jumlah Unsur 24 |
Untuk memperoleh nilai SKM unit pelayanan digunakan pendekatan nilai rata-rata tertimbang dengan rumus sebagai berikut :
SKM = Total dari Nilai Persepsi Per Unsur X Nilai Penimbang
Total Unsur Yang terisi
Untuk memudahkan interpretasi terhadap penilaian SKM yaitu antara 25 – 100 maka hasil penilaian tersebut diatas dikonversikan dengan nilai dasar 25, dengan rumus sebagai berikut:
IKM UNIT PELAYANAN X 25 |
IKM UNIT PELAYANAN X 25 |
SKM Unit Pelayanan X 25
- Ditetapkan Nilai Persepsi, Interval IKM, Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan Kinerja Unit Pelayanan sebagaimana tabel berikut:
NILAI PERSEPSI | NILAI INTERVAL IKM | NILAI INTERVAL KONVERSI IKM | MUTU PELAYANAN | KINERJA UNIT PELAYANAN |
1 | 1,00 – 1,75 | 25 – 43,75 | D | Tidak Puas |
2 | 1,76 – 2,50 | 43,76 – 62,50 | C | Kurang Puas |
3 | 2,51 – 3,25 | 62,51 – 81,25 | B | Puas |
4 | 3,26 – 4,00 | 81,26 – 100,00 | A | Sangat Puas |
- Pengujian Kualitas Data : Data pendapat masyarakat yang telah dimasukkan dalam masing-masing kuesioner, disusun dengan mengkompilasikan data responden yang dihimpun berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir dan pekerjaan utama. Informasi ini dapat digunakan untuk mengetahui profil responden dan kecenderungan jawaban yang diberikan, sebagai bahan analisis obyektivitas.
- SASARAN
Pasien dan keluarga pasien yang telah dirawat lebih dari 3 ( tiga ) hari di RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang
- LANGKAH PENYUSUNAN IKM
- Persiapan Pelaksanaan
- Pelindung : Direktur RSUD Ade M. Djoen Sintang
- Penanggung Jawab : a. Bidang Kesekretariatan
- Ka. Sub. Bagian Hukum, Publikasi dan Informasi
- Ketua : Nursyamsiah, SH.MH
- Sekretaris : Pudiyanto
- Penanggung jawab
Pengumpul Data dan
Validasi Data : Yosep Hidayat, S.ST
- Anggota : a. Patria Janina, S.ST
- Rita Defiyenti, S. Keb
- Ani F, S.Kep. Ns
- Lindawati Barus, S.Kep. Ns
- Rosminarni, S.Kep.Ns
- Dina Karawati, S.Kep. Ns
- Aisyah F, S.Kep. Ns
- Persiapan Bahan :
- Kuesioner
- Penetapan Responden :
- Jumlah responden sebanyak 219 responden yang terdiri dari
- Ruang Perawatan Bedah : 46 responden
- Kamar Bersalin : 48 responden
- Ruang Paru : 22 responden
- Penyakit Dalam : 59 responden
- Ruang Anak : 28 responden
- Perinatologi : 15 responden
- Ruang Utama ( VIP ) : 24 responden
- Lokasi Pengimpulan Data
Ruang Perawatan RSUD Ade M. Djoen Sintang
- Penyusunan Jadwal
Penyusunan Jadwal Indeks Kepuasan Masyarakat, dibagi atas :
- Persiapan pembuatan kuesioner
- Pelaksanaan pengumpulan data
Waktu pelaksanaan pengumpulan data selama 3 ( tiga ) bulan yaitu pada bulan Mei, Juni dan Juli
- HASIL PENGUKURAN
Distribusi Indeks Kepuasan Masyarakat
- Ruang Perawatan Bedah
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 82,37% | Sangat Puas |
Mei | 82,84% | Sangat Puas |
Juni | 81,42% | Sangat Puas |
Juli | 80,66% | Puas |
Agustus | ||
September | 85,55% | Sangat Puas |
Oktober | 79,89% | Puas |
Nopember | 84,48% | Puas |
Desember | 79,10% | Puas |
- Kamar Bersalin
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 85,49% | Sangat Puas |
Mei | 81,67% | Sangat Puas |
Juni | 84,45% | Sangat Puas |
Juli | 84,09% | Sangat Puas |
Agustus | ||
September | 77,39% | Sangat Puas |
Oktober | 79,82% | Puas |
Nopember | 78,56% | Puas |
Desember | 80,30% | Puas |
- Perawatan Paru
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 79,92% | Puas |
Mei | 76,97% | Puas |
Juni | 85,97% | Sangat Puas |
Juli | 79,01% | Puas |
Agustus | ||
September | 87,88% | Sangat Puas |
Oktober | 78,82% | Puas |
Nopember | 85,40% | Puas |
Desember | 79,08% | Puas |
- Perawatan Penyakit Dalam
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 81,97% | Sangat Puas |
Mei | 76,19% | Puas |
Juni | 74,87% | Puas |
Juli | 75,06% | Puas |
Agustus | ||
September | 77,37% | Puas |
Oktober | 77,71% | Puas |
Nopember | 77,91% | Puas |
Desember | 80,25% | Puas |
- Perawatan Anak
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 86,58% | Sangat Puas |
Mei | 80,36% | Puas |
Juni | 88,14% | Sangat Puas |
Juli | 88,16% | Sangat Puas |
Agustus | ||
September | 85,05% | Sangat Puas |
Oktober | 78,19% | Puas |
Nopember | 77,91% | Puas |
Desember |
- Perinatologi
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 84,00% | Sangat Puas |
Mei | 83,63% | Sangat Puas |
Juni | 80,01% | Puas |
Juli | 79,01% | Puas |
Agustus | 81,00% | Puas |
September | 84,34% | Sangat Puas |
Oktober | 81,82% | Puas |
Nopember | 85,81% | Puas |
Desember | 79,58% | Puas |
- Ruang VIP
Nama Bulan | IKM Unit Pelayanan | Nilai Mutu Pelayanan |
April | 77,09% | Puas |
Mei | 82,05% | Sangat Puas |
Juni | 80,98% | Puas |
Juli | 85,05% | Sangat Puas |
Agusutus | ||
September | 80,87% | Sangat Puas |
Oktober | 78,82% | Puas |
Nopember | 85,67% | Puas |
Desember | 83,21% | Puas |
- PENUTUP
Demikian Laporan Pelaksanaan Indeks Kepuasan Masyarakat periode April – Desember 2017 , semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.